Kamis, 13 April 2017

7 Pengusaha yang Dijamin Masuk Surga

Tingginya semangat berwirausaha harus diiringi tekad yang kuat untuk menebus surga. Hendaknya para pengusaha Muslim bukan hanya mengejar omset, tapi lupa dengan tugas utama sebagai seorang hamba kepada Tuhannya. Pasalnya, dalam sejarah Islam yang mulia, ada begitu banyak pengusaha dari kalangan umat ini. Bahkan, mereka berhasil menjadi pengusaha sejati yang dijamin masuk surga.
Berikut ini profil  7 manusia mulia, pengusaha sejati, yang dijamin oleh Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa sallam untuk memasuki surga-Nya Allah Ta’ala. Semoga Anda berhak menjadi yang kedelapan. Aamiin.
Meski laki-laki pertama ini sudah diangkat menjadi Khalifah kaum Muslimin, beliau masih melakukan banyak usaha dagang hingga ada yang bertanya, “Mengapa engkau masih berdagang, padahal engkau telah menjadi pemimpin kaum Muslimin?”
Kepada sang penanya yang tak lain adalah sahabat terbaiknya, laki-laki ini menjawab, “Darimana aku memberi nafkah untuk diri dan keluargaku?”
Setelah itu, sang penanya mengusulkan agar sahabatnya itu mengambil gaji dari baitul maal kaum Muslimin. Dan usul itu disepakati oleh kaum Muslimin lainnya.
Laki-laki ini, tak lain adalah Sayyidina Abu Bakar ash-Shiddiq Radhiyallahu ‘anhu dan yang bertanya adalah Sayyidina Umar bin Khaththab Radhiyallahu ‘anhu. Abu Bakar bukan hanya seorang yang shalih, zuhud, dan mujahid, tapi juga seorang pengusaha ulung hingga diizinkan Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wa sallam untuk menginfaqkan seluruh hartanya dalam jihad membela agama Allah Ta’ala.
Saking sibuknya berwirausaha kala itu, pengusaha kedua yang dijamin masuk surga ini harus mengambil sumpah dari sahabatnya terkait sebuah riwayat yang berasal dari Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa sallam.
Ialah riwayat tentang sunnah memberi salam sebanyak tiga kali, lantas pulang jika tidak ada jawaban salam dari yang ditamui. Pengusaha kedua ini mengambil sumpah, hingga banyak sahabat yang bersaksi bahwa laki-laki yang diambil sumpah sebagai pembawa riwayat dinyatakan benar.
Lantas sang pengusaha menjawab, “Engkau benar, kala itu aku sedang sibuk berwirausaha (berdagang).”
Laki-laki kedua, pengusaha yang dijamin masuk surga ini, tak lain adalah Sayyidina Umar bin Khaththab Radhiyallahu ‘anhu. Sedangkan laki-laki yang dia minta bersumpah terkait riwayat salam adalah Sayyidina Abu Musa al-‘Asy’ari Radhiyallahu ‘anhu.
Umar pernah sibuk berdagang. Bahkan dia pernah menginfaqkan satu kebun kurmanya karena terlambat shalat Ashar.
Bersambung ke 7 Pengusaha yang Dijamin Masuk Surga (Bagian 2)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Rahmat Mulyadi

Perniagaan Yang Baik Akan Mendapatkan Keuntungan Dunia Akhirat

Rasulullah merupakan contoh tauladan bagi kita sebagai umat islam. Semua ucapan, sikap dan perbuatan Rasul mengajarkan kita tentang ...