Kamis, 13 April 2017

Kisah sukses Pengusaha Muslim




Seorang muslim yang menekuni dunia bisnis tentunya sangat ingin menjadi seorang yang sukses dan mampu membawa manfaat banyak bagi kepentingan umat dan Agama. Karena dengan kesuksesan bisnis atau usaha yang dimiliki maka akan mampu berbuat banyak bagi kepentingan dakwah Islam.Nah untuk bisa sukses di dunia bisnis tentunya sebagai seorang muslim kita kudu mencontoh kisah-kisah sukses Pengusaha Muslim yang pernah ada dan ilmu dan pengalaman meraka wajib kita ketahui sebagai mana saya jelaskan di artikel "Wajibnya berIlmu sebelum berbisnis".

Dan salah satu kisah sosok Pengusaha muslim Sukses yang abadi sepanjang masa, kisahnya selalu dikenang oleh umat Islam dari zaman ke zaman. Yaitu Abdurrahman Bin Auf yang merupakan salah satu sahabat Nabi yang telah di jamin masuk surga dimasa Rasulullah masih hidup. Dan begitu banyak keistimewaan yang ia miliki terutama kedermawanannya. Banyak dikisahkan dalam riwayat bahwa Abdurrahman Radiallahu'anhu tanpa rasa takut miskin dia mampu mengInfaqkan seluruh hartanya untuk kepentingan umat Islam.

Dalam suatu riwayat, dikisahkan  ''Suatu ketika datanglah kafilah dagang Abdurrahman di kota Madinah, terdiri dari 700 onta yang membawa kebutuhan-kebutuhan pokok. Tatkala masuk ke kota Madinah, terdengarlah suara hiruk pikuk. Maka berkata Ummul Mukminin, ”Suara apakah ini?” Maka dijawab, ”Telah datang kafilah Abdurrahman bin ‘Auf.” Ummul Mukminin berkata, ”Sungguh aku mendengar Rasulullah bersabda, ‘Aku melihat Abdurrahman masuk surga dengan keadaan merangkak.” Ketika mendengarkan berita tersebut, Abdurrahman mengatakan, ”Aku ingin masuk surga dengan keadaan berdiri. Maka diinfakkanlah seluruh kafilah dagang tersebut.”

Coba kita bayangkan 700 ratus unta jika kita kalikan per ekornya Rp.20.000.000 maka hasilnya kurang lebih 14 milyar. Belum ditambah jumlah barang-barang kebutuhan pokok yang di tunggang setiap satu unta yang berisi penuh. Tentunya jumlahnya cukup besar. Coba kita bandingkan dengan sosok pengusaha Saat ini khususnya pengusaha yang menyandang status sebagai seorang muslim. Kekayaan mereka mencapai terliunan rupiah namun infaq mereka sedikit sekali.

Kepedulian dan Kepiawaian dalam mengelola bisnis dan harta hasil bisnis yang dilakukan Abdurrahman bin Auf ini tentunya sangat baik dijadikan tauladan buat umat Islam yang ingin menjadi Pengusaha. Kita bisa belajar banyak dari nya. sebagaimana kisah disaat ia pertama kali hijrah kekota Madinah tanpa membawa harta sedikitpun kecuali pakaian yang ia kenakan.

Setibanya dikota Madinah maka ia di persaudarakan oleh Rasulullah dengan seorang sahabat Sa’ad bin Rabi’ Al Anshari dan sebagai mana sahabat yang baik Sa'ad bin rabi menawarkan kepada saudara muhajirinnya ini untuk diberikan separuh hartanya untuk Abdurrahman bin Auf. Namun apa yang dilakukan oleh Abdurrahman bin Auf, dia tidak mengambil harta yang diberikan oleh saudaranya namun dia cukup meminta kepada Sa'ad bin rabi' menunjukkan letak pasar kepadanya.

Tidak berselang lama setelah ia mengetahui, letak pasar di kota Madinah. Akhirnya Abdurrahman radiallahu'anhu kembali pulang dengan membawa keuntungan yang dijadikannya untuk meminang seorang Istri dan mampu membangun bisnisnya kembali sehingga menjadi pengusaha sukses. Kesuksesan ini tentunya adalah kesuksesan dengan modal dengkul atau Sukses Menjadi Pengusaha tanpa modal uang sepeser pun.

Ini cukup luar biasa, dan bisa diambil hikmah dari kisah ini bahwa modal utama memulai bisnis bukanlah Uang namun yang paling utama adalah Mental atau Jiwa Pengusaha. Karena memang dizaman sebelum memeluk Islam, Aabdurrahman bin Auf adalah seorang pembisnis dengan bakat yang ia miliki tentunya cukup mudah baginya untuk mencari uang.

Oke, dari kisah sukses seorang Pengusaha Muslim ini, tentunya bisa kita ambil pelajaran. Banyak contoh Pengusaha sukses dari kalangan kaum muslimin yang bisa kita jadikan tauladan dan seharusnya tidak perlu mengambil tauladan pengusaha diluar Islam karena pengusaha Muslim yang sukses sudah cukup banyak dari zaman dulu hingga saat ini.

Untuk itu, teruslah gali cerita-cerita sukses Para pengusaha muslim yang pernah ada seperti kisah sukses Abdurrahman bin Auf. Dan perlu anda ketahui bahwa kisah yang saya tulis ini baru sebagian kecil mengenai sahabat Abdurrahman radiallahu'anhu dan masih banyak kisah-kisahnya yang belum saya ungkap. Untuk itu anda bisa membeli Buku Biagrafi yang ditulis para ulama tentangnya ditoko-toko buku disekitar anda.

1 komentar:

  1. saya serenity autumn, saat ini tinggal di texas city, usa. Saya seorang janda saat ini dengan empat anak dan saya terjebak dalam situasi keuangan pada Mei 2019 dan saya perlu membiayai kembali dan membayar tagihan saya. saya mencoba mencari pinjaman dari berbagai perusahaan pinjaman baik swasta maupun perusahaan tetapi tidak pernah berhasil, dan sebagian besar bank menolak kredit saya. tetapi seperti yang diinginkan, saya diperkenalkan kepada seorang wanita dewa pemberi pinjaman pinjaman pribadi yang memberi saya pinjaman sebesar 850.000,00 usd dan hari ini saya adalah pemilik bisnis dan anak-anak saya baik-baik saja saat ini, jika Anda harus menghubungi perusahaan mana pun dengan referensi untuk mengamankan pinjaman tanpa agunan, tanpa pemeriksaan kredit, tanpa penandatangan bersama hanya dengan 2 tingkat bunga dan rencana dan jadwal pembayaran yang lebih baik, silakan hubungi mr pedro di email pedroloanss@gmail.com dia tidak tahu bahwa saya melakukan ini tetapi saya Saya sangat bahagia sekarang dan saya memutuskan untuk membiarkan orang tahu lebih banyak tentang dia dan saya juga ingin Tuhan memberkati dia lebih banyak.

    BalasHapus

Rahmat Mulyadi

Perniagaan Yang Baik Akan Mendapatkan Keuntungan Dunia Akhirat

Rasulullah merupakan contoh tauladan bagi kita sebagai umat islam. Semua ucapan, sikap dan perbuatan Rasul mengajarkan kita tentang ...